Contoh Soal PPPK Guru SD ( PGSD ) Dan Kunci Jawaban Terbaru 2022 - 2023

Haei semuanya gimana kabarnya? kali ini admin yang baik akan memberikan informasi mengenai Prediksi Soal PPPK Guru  Dan Kunci Jawaban Terbaru 2022 - 2023, yang semoga membantu anda semuanya untuk melihat gambaran soal-soal P3K yang barangkali beda dari soal sebelumnya

Meskipun miris pengangkatan guru menjadi P3K bukan sebagai CPNS Daerah namun apalah daya, kita sebagai rakyat jelata harus manut sama pemerintah, lalu bagaimana nasib guru yang sudah terlanjur menjadi CPNS untuk kedeannya,..tapi ya sudahlah itu bukan urusan kita, yang penting belajar dan belajar sajah

Contoh Soal PPPK Guru SD ( PGSD ) Dan Kunci Jawaban Terbaru



Soal PPPK Guru Kelas SD Dan Kunci Jawaban Terbaru 2022 - 2023

Pemerintah saat ini sedang gencar membuka lowongan dan formasi guru P3K / PPPK , yaitu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (kontrak Kerja), yang tentunya ini adalah kabar baik bagi guru-guru yang selama ini memang berharap ingin diangkat menjadi CPNS / CASN

Namun menjadi Guru PPK juga hak dan kewajibannya hampir sama dengan yang guru PNS, bedanya hanya pada proses pensiun saja menurut saya

Kisi Kisi Soal PPPK Guru Kelas SD Terbaru 2022 - 2023


Dalam seleksi P3K tahun ini agak sedikit berbeda mengenai kisi-kisi yang akan keluar nanti, dan admin telah siapkan kisi2 agar ketika belajar tidak salah sasaran, yaitu

1. Kompetensi Teknis
2. Tes Bakat Skolastik
3. Kompetensi Manajerial
4. Kompetensi Sosio Kultural
5. Wawancara

Soal PPK Guru SD ( PGSD ) Dan Kunci Jawaban Terbaru 2022 - 2023

Nah, bila anda berminat mendaftar dan ikut seleksi maka anda harus banyak-banyak berlatih soal sesuai dengan seleksi CPNS ( yaitu belajar SKD dan juga SKB ) agar tidak malu maluin ketika melihat nilainya

Dan kita sudah siapkan contoh soal ujian tes PPPK untuk Guru SD / PGSD terbaru khusus untuk anda yang menyempatkan datang kemari, Tentunya soal-soalnya sebagaian besar adalah soal HOTS

Dan yang kita contohkan adalah soal kompetensi Teknis untuk Guru Kelas SD yang berada di Dinas Pendidikan 


Contoh Soal HOTS PPPK / P3K Guru SD ( PGSD ) Dan Kunci Jawaban Terbaru 2022 - 2023

1.Di bawah ini yang merupakan ciri dari penilaian kelas adalah….

a)Penentuan tujuan tes, penyusunan kisi-kisi tes, penulisan soal, penelaahan soal, perakitan soal, analisis soal

b)Tes tertulis, tes lisan, tes praktik atau teskinerja, tugas proyek, portofolio

c)Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan kriteria, menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian

d)Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan norma, menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian

e)Penyusunan kisi-kisi tes, penulisan kartu soal, penelaahan soal, perakitan soal, penyajian tes, skoring, pelaporan hasil tes

 

2.Untuk menghindari penilaian yang subjektif dan untuk memudahkan guru dalam menilai prestasi yang dicapai peserta didik, maka dalam penilaian ranah psikomotor guru menggunakan….

a)tes performance

b)soal jawaban singkat

c)soal uraian objektif

d)soal pilihan ganda

e)kriteria

 

3.Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu

a)Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar

b)Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik,

c)Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,

d)Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,

e)Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

 

4.Pemanfaatan fasilitas internet dalam pembelajaran yang digunakan untuk berkorespondensi antara seseorang dengan lainnya di mana pun dan kapan pun meraka berada. Dengan fasilitas ini mereka dapat saling mengirim dan menerima surat, gambar, suara, dan video. Fasilitas ini dapat pula mengirim lampiran berupa file yang berisi teks atau gambar. Selain itu, dengan fasilitas ini, pengguna dapat pula mengarsipkan surat-surat yang diangap penting dengan menyimpannya pada folder yang disediakan untuk itu disebut dengan....

a)Website

b)Browsing

c)Teleconverence

d)Chatting

e)Email

 

5.Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut……..

a)mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan

b)menentukan kriteria keberhasilan belajar

c)mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya

d)mengadakan tes remidi

e)merencanakan pengajaran remidi

 

6.Pernyatan-pernyatan di bawah ini yang betul adalah….

a)Ujian sekolah mencakup semua mata pelajaran kelompok IPTEK, agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian

b)Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik pada semua mata pelajaran dan tanpa memperhatikan hasil penilaian oleh pendidik

c)Penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik, bahan laporan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran

d)Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilaksanakan dalam bentuk penugasan, ulangan harian, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah

e)Kriteria kelulusan Ujian Nasional (UN) dikembangkan oleh BSNP dan ditetapkan dengan surat keputusan kepala satuan pendidikan

 

7.Kegiatan guru dalam: melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam; belajar dari aneka sumber; menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain; memfasilitasi terjadinya interaksi antar-peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan disebut kegiatan...............

a)Konfirmasi

b)Eksplorasi

c)Browsing

d)Contextual teaching learning

e)Elaborasi

 

8.Dalam mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, harus memperhatikan….

a)substansi, bahasa konstruksi, skor

b)substansi, konstruksi, validitas, skor

c)substansi, konstruksi, bahasa

d)substansi, validitas, bahasa, reliabilitas

e)substansi, konstruksi, validitas, reliabilitas

 

9.Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:

a)memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda

b)memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai

c)memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tingi

d)diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya yang memiliki kesulitan tinggi

e)memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda

 

10.Dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar, seorang guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

a)Melaksanakan hasil penilaian dan melaksankan program perbaikan dan pengayaan

b)Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, analisa hasil penilaian, sebagian indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian

c)Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian dan melaksanakan analisa hasil penilaian

d)Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian, analisa hasil penilaian, melaksanakan program perbaikan dan pengayaan

e)Analisa hasil penilaian, belum melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian

 

11.Standar ketuntasan minimal belajar (SKMB) ditentukan oleh faktor -gaktor di bawah ini ….

a)Bakat dan Minat siswa

b)Intake Siswa

c)Intake siswa, Tingkat Kesulitan Dan Sarana Pendukung

d)Sarana pendukung

e)Tingkat kesulitan

 

12.Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur sebagai berikut ....

a)1 Memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2. respons peserta didik untuk merespons; 3. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis peserta didik.

b)1 Memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2. respons peserta didik untuk merespons; 3. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis peserta didik

c)1 Memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk http://asefts63.wordpress.com merespon; 2. penyiapan kondisi psilogis peserta didik 3.respons peserta didik untuk merespons; 4. reaksi guru terhadap respons peserta didik.

d)1 Reaksi guru terhadap respons peserta didik; 2. penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 3. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 4. respons peserta didik untuk merespons;

e)1. penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 2. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 3. respons peserta didik untuk merespons; 4. reaksi guru terhadap respons peserta didik.

 

13.Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan….

a)kompetensi dasar

b)standar kompetensi

c)Sumber belajar

d)metode pembelajaran

e)indikator

 

14.Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan kegian refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk….

a)mengukur efektivitas proses pembelajaran

b)menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya

c)mengetahui materi yang belum terbahas dalam proses pembelajaran

d)mengukur ketuntasan peserta didik

e)mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta didik

 

15.Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara….

a)mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap peserta didik untuk melihat kesulitan peserta didik dalammemahami pokokbahasan tertentu dankemudian diberikan pembelajaran dan tes remidi

b)mengumpulkan hasil kerja masing-masing peserta didik yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan peserta didik dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar

c)memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas peserta didik

d)mengumpulkan lembaran-lembaran hasil pekerjaan tugas, gambar-gambar dan hasil ulangan tiap peserta didik

e)mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan ulangan akhir semester tiap peserta didik

 

16.Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....

a)Gaya pembelajaran

b)Pendekatan pembelajaran

c)Kemampuan belajar

d)Metode pembelajaran

e)Strategi pembelajaran

 

17.Jenis -jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

a)fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap

b)fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur

c)fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma

d)fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur

e)konsep, definisi, aksioma, prosedur, fungsi

 

18.Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Departemen Pendidikan Nasional tahun 2010- 2014, untuk dapat memberikan pelayanan prima, salah satu yang perlu dilakukan adalah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang dilakukan melalui pendayagunaan ICT di bidang pendidikan yang mencakup peran dibawah ini, kecuali ..

a)Alat Bantu Pembelajaran, Fasilitas Pendidikan,

b)ICT Sebagai Substansi Pendidikan,

c)Alat Bantu Manajemen Satuan Pendidikan, Dan Infrastruktur Pendidikan

d)Pengembangan bakat dan daya kreatifitas siswa

e)Standar Kompetensi, Penunjang Administrasi Pendidikan,

 

19.Dibawah ini merupakan pengidentifikasian materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar : 1. potensi peserta didik, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan karakteristik daerah 2. tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional, sosial dan spiritual peserta didik 3. kebermanfaatan bagi peserta didik, struktur keilmuan, aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran 4. kemampuan guru dan ketersediaan referensi 5. relevansi dengan kebutuhan peserta didik, tuntutan lingkungan dan alokasi waktu 6. dana yang tersedia Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu, guru harus memperhatikan antara lain nomor….

a)3, 4, 5, 6

b)2, 3, 5, 6

c)1, 2, 4, 5

d)1, 2, 3, 5

e)1, 2, 3, 4

 

20.Penilaian diatur dalam permendiknas RI Nomor …………..

a)Permendiknas RI Nomor 16 tahun 2007

b)Permendiknas RI Nomor 19 tahun 2007

c)Permendiknas RI Nomor 41 tagun 2007

d)ermendiknas RI Nomor 13 tahun 2007

e)Permendiknas RI Nomor 20 tahun 2007

 

KUNCI JAWABAN SOAL P3K GURU KELAS SD TERBARU

1. c

2. a

3. e

4. e

5. a

6. c

7. b

8. c

9. d

10. c

11. c

12. e

13. a

14. e

15. b

16. e

17. c

18. d

19. b

20. e


Soal PPPK Guru SD ( PGSD ) Dan Kunci Jawaban Terbaru


Barangkali itulah bapak ibu guru penjelasan dan ulasan mengenai bentuk dan Contoh Soal PPPK Guru SD ( PGSD ) Dan Kunci Jawaban Terbaru 2022 - 2023 yang dapat kita sajikan untuk anda semuanya, makasih sudah berkunjung

VISIT LINK:

Related : Contoh Soal PPPK Guru SD ( PGSD ) Dan Kunci Jawaban Terbaru 2022 - 2023

SOAL TERPOPULER

{NEW} Contoh Soal Tes Psikotes PT AHM Terbaru 2022

Contoh Soal Tes Psikotes PT AHM Terbaru 2022 - Hay semuanya, kali ini kita akan memberikan informasi mengenai contoh soal seleksi tes Psiko...