Haei semuanya gimana kabarnya? kali ini admin yang baik akan memberikan informasi mengenai Prediksi Soal PPPK Guru Dan Kunci Jawaban Terbaru 2022 - 2023, yang semoga membantu anda semuanya untuk melihat gambaran soal-soal P3K yang barangkali beda dari soal sebelumnya
Meskipun miris pengangkatan guru menjadi P3K bukan sebagai CPNS Daerah namun apalah daya, kita sebagai rakyat jelata harus manut sama pemerintah, lalu bagaimana nasib guru yang sudah terlanjur menjadi CPNS untuk kedeannya,..tapi ya sudahlah itu bukan urusan kita, yang penting belajar dan belajar sajah
Contoh Soal PPPK Guru SD ( PGSD ) Dan Kunci Jawaban Terbaru
Soal PPPK Guru Kelas SD Dan Kunci Jawaban Terbaru 2022 - 2023
Kisi Kisi Soal PPPK Guru Kelas SD Terbaru 2022 - 2023
Soal PPK Guru SD ( PGSD ) Dan Kunci Jawaban Terbaru 2022 - 2023
Contoh Soal HOTS PPPK / P3K Guru SD ( PGSD ) Dan Kunci Jawaban Terbaru 2022 - 2023
1.Di bawah ini yang merupakan ciri dari penilaian kelas
adalah….
a)Penentuan tujuan tes, penyusunan kisi-kisi tes, penulisan
soal, penelaahan soal, perakitan soal, analisis soal
b)Tes tertulis, tes lisan, tes praktik atau teskinerja,
tugas proyek, portofolio
c)Belajar tuntas,
penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan kriteria, menggunakan
berbagai teknik dan instrument penilaian
d)Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan
berdasarkan acuan norma, menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian
e)Penyusunan kisi-kisi tes, penulisan kartu soal, penelaahan
soal, perakitan soal, penyajian tes, skoring, pelaporan hasil tes
2.Untuk menghindari penilaian yang subjektif dan untuk
memudahkan guru dalam menilai prestasi yang dicapai peserta didik, maka dalam
penilaian ranah psikomotor guru menggunakan….
a)tes performance
b)soal jawaban singkat
c)soal uraian objektif
d)soal pilihan ganda
e)kriteria
3.Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi
dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu
a)Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman
yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
b)Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk
lisan, tulisan, isyarat, maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
c)Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
d)Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
e)Menfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya
diri peserta didik.
4.Pemanfaatan fasilitas internet dalam pembelajaran yang
digunakan untuk berkorespondensi antara seseorang dengan lainnya di mana pun
dan kapan pun meraka berada. Dengan fasilitas ini mereka dapat saling mengirim
dan menerima surat, gambar, suara, dan video. Fasilitas ini dapat pula mengirim
lampiran berupa file yang berisi teks atau gambar. Selain itu, dengan fasilitas
ini, pengguna dapat pula mengarsipkan surat-surat yang diangap penting dengan
menyimpannya pada folder yang disediakan untuk itu disebut dengan....
a)Website
b)Browsing
c)Teleconverence
d)Chatting
e)Email
5.Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk
menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut……..
a)mencari letak
kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
b)menentukan kriteria keberhasilan belajar
c)mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
d)mengadakan tes remidi
e)merencanakan pengajaran remidi
6.Pernyatan-pernyatan di bawah ini yang betul adalah….
a)Ujian sekolah mencakup semua mata pelajaran kelompok
IPTEK, agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian
b)Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan
untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik pada semua mata pelajaran dan
tanpa memperhatikan hasil penilaian oleh pendidik
c)Penilaian hasil
belajar oleh pendidik digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta
didik, bahan laporan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran
d)Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilaksanakan dalam
bentuk penugasan, ulangan harian, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan
kelas, ujian sekolah
e)Kriteria kelulusan Ujian Nasional (UN) dikembangkan oleh
BSNP dan ditetapkan dengan surat keputusan kepala satuan pendidikan
7.Kegiatan guru dalam: melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam; belajar dari aneka sumber; menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
memfasilitasi terjadinya interaksi antar-peserta didik serta antara peserta
didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan
disebut kegiatan...............
a)Konfirmasi
b)Eksplorasi
c)Browsing
d)Contextual teaching learning
e)Elaborasi
8.Dalam mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar, harus memperhatikan….
a)substansi, bahasa konstruksi, skor
b)substansi, konstruksi, validitas, skor
c)substansi,
konstruksi, bahasa
d)substansi, validitas, bahasa, reliabilitas
e)substansi, konstruksi, validitas, reliabilitas
9.Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai
ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
a)memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari
pengarang yang berbeda
b)memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan
tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai
c)memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang
lebih tingi
d)diberikan materi
bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya yang
memiliki kesulitan tinggi
e)memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari
penerbit yang berbeda
10.Dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar,
seorang guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
a)Melaksanakan hasil penilaian dan melaksankan program
perbaikan dan pengayaan
b)Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, analisa
hasil penilaian, sebagian indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian
c)Semua indikator
ditagih dengan berbagai teknik penilaian dan melaksanakan analisa hasil
penilaian
d)Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian,
analisa hasil penilaian, melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
e)Analisa hasil penilaian, belum melaksanakan program
perbaikan dan pengayaan, semua indikator ditagih dengan berbagai teknik
penilaian
11.Standar ketuntasan minimal belajar (SKMB) ditentukan oleh
faktor -gaktor di bawah ini ….
a)Bakat dan Minat siswa
b)Intake Siswa
c)Intake siswa,
Tingkat Kesulitan Dan Sarana Pendukung
d)Sarana pendukung
e)Tingkat kesulitan
12.Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan
peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang
terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur sebagai berikut ....
a)1 Memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada
peserta didik untuk merespon; 2. respons peserta didik untuk merespons; 3.
reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis
peserta didik.
b)1 Memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada
peserta didik untuk merespon; 2. respons peserta didik untuk merespons; 3.
reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4. penyiapan kondisi psilogis
peserta didik
c)1 Memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada
peserta didik untuk http://asefts63.wordpress.com merespon; 2. penyiapan
kondisi psilogis peserta didik 3.respons peserta didik untuk merespons; 4.
reaksi guru terhadap respons peserta didik.
d)1 Reaksi guru terhadap respons peserta didik; 2. penyiapan
kondisi psilogis peserta didik, 3. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai
undangan kepada peserta didik untuk merespon; 4. respons peserta didik untuk
merespons;
e)1. penyiapan
kondisi psilogis peserta didik, 2. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai
undangan kepada peserta didik untuk merespon; 3. respons peserta didik untuk
merespons; 4. reaksi guru terhadap respons peserta didik.
13.Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat
mengacu pada rumusan….
a)kompetensi dasar
b)standar kompetensi
c)Sumber belajar
d)metode pembelajaran
e)indikator
14.Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama
peserta didik melakukan kegian refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk….
a)mengukur efektivitas proses pembelajaran
b)menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya
c)mengetahui materi yang belum terbahas dalam proses
pembelajaran
d)mengukur ketuntasan peserta didik
e)mengukur hal-hal
yang belum dipahami peserta didik
15.Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara….
a)mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap
peserta didik untuk melihat kesulitan peserta didik dalammemahami pokokbahasan
tertentu dankemudian diberikan pembelajaran dan tes remidi
b)mengumpulkan
hasil kerja masing-masing peserta didik yang telah diberikan masukan baik oleh
guru dan rekan peserta didik dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
c)memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas
peserta didik
d)mengumpulkan lembaran-lembaran hasil pekerjaan tugas,
gambar-gambar dan hasil ulangan tiap peserta didik
e)mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian
dan ulangan akhir semester tiap peserta didik
16.Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar
siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu
pada....
a)Gaya pembelajaran
b)Pendekatan pembelajaran
c)Kemampuan belajar
d)Metode pembelajaran
e)Strategi
pembelajaran
17.Jenis -jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai
berikut:
a)fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap
b)fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur
c)fakta, konsep,
prinsip, definisi, aksioma
d)fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur
e)konsep, definisi, aksioma, prosedur, fungsi
18.Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Departemen
Pendidikan Nasional tahun 2010- 2014, untuk dapat memberikan pelayanan prima,
salah satu yang perlu dilakukan adalah pengembangan teknologi informasi dan
komunikasi (ICT) yang dilakukan melalui pendayagunaan ICT di bidang pendidikan
yang mencakup peran dibawah ini, kecuali ..
a)Alat Bantu Pembelajaran, Fasilitas Pendidikan,
b)ICT Sebagai Substansi Pendidikan,
c)Alat Bantu Manajemen Satuan Pendidikan, Dan Infrastruktur
Pendidikan
d)Pengembangan
bakat dan daya kreatifitas siswa
e)Standar Kompetensi, Penunjang Administrasi Pendidikan,
19.Dibawah ini merupakan pengidentifikasian materi
pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar : 1. potensi peserta
didik, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan karakteristik daerah 2.
tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional, sosial dan spiritual peserta
didik 3. kebermanfaatan bagi peserta didik, struktur keilmuan, aktualitas,
kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran 4. kemampuan guru dan ketersediaan
referensi 5. relevansi dengan kebutuhan peserta didik, tuntutan lingkungan dan
alokasi waktu 6. dana yang tersedia Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran
yang diampu, guru harus memperhatikan antara lain nomor….
a)3, 4, 5, 6
b)2, 3, 5, 6
c)1, 2, 4, 5
d)1, 2, 3, 5
e)1, 2, 3, 4
20.Penilaian diatur dalam permendiknas RI Nomor …………..
a)Permendiknas RI Nomor 16 tahun 2007
b)Permendiknas RI Nomor 19 tahun 2007
c)Permendiknas RI Nomor 41 tagun 2007
d)ermendiknas RI Nomor 13 tahun 2007
e)Permendiknas RI
Nomor 20 tahun 2007
KUNCI JAWABAN SOAL P3K GURU KELAS SD TERBARU
1. c
2. a
3. e
4. e
5. a
6. c
7. b
8. c
9. d
10. c
11. c
12. e
13. a
14. e
15. b
16. e
17. c
18. d
19. b
20. e