Halo bapak ibu guru dimanapun anda berada, kali ini admin akan berikan bocoran soal rahasia, yaitu mengenai Contoh Soal P3K / PPPK Guru Honorer SD SMP SMA dan Jawabannya Terbaru 2022 - 2023, mudah-mudahan setelah membaca ini paling tidak ada gambaran mengenai bentuk soal tes seleksi P3K yang diadakan oleh kemendikbud tahun ini
Contoh Soal P3K / PPPK Guru Honorer SD SMP SMA dan Jawabannya Terbaru 2022
Soal PPPK Guru Honorer Terbaru 2022 - 2023
Materi Soal P3K Guru Honorer SMP SMA Terbaru 2022 - 2023
Dan ini untuk guru guru honorer semua mapel berikut:
1. Guru PGSD
2. Guru PJOK SD
3. Guru PJOK SMP SMA SMK
4.Guru IPS SMP SMA
5.Guru IPA SMP SMA
6. Guru Matematika
7. Guru B Indonesia
8. Guru B Inggris
9. Guru Fisika
10. Guru Biologi
11. Guru Kimia
12. Guru PKN
13. Guru Ekonomi
14. Guru Geografi
15. Guru Sejarah
16. Guru Sosiologi
17. Guru Bimbingan konseling
18. Guru Bahasa Arab
19. Guru Bahasa Jepang
20. Guru Bahasa Jerman
21. Guru Bahasa Prancis
22. Guru Pendidikan Luar Biasa
23. Guru Bahasa Mandarin
24. Guru Tk/Paud
25. Guru Seni budaya
26. Guru Informatika.
Latihan Soal PPPK Guru Honorer Dan Jawabannya Terbaru 2022 - 2023
Contoh Soal P3K Guru Honorer Terbaru 2022 - 2023 Kompetensi Teknik
a)kompetensi sosial
b)kompetensi akademik
c)kompetensi kepribadian
d)kompetensi pedagogik
2.instrumen penilaian yang bisa digunakan untuk menilai ranah sikap adalah....
a)tes dan non tes
b)penilaian tertulis dan lisan
c)proyek, produk dan portofolio
d)observasi, penilaian diri, dan antar teman
3.salah satu komponen penilaian yang sangat dibutuhkan ketika kita mengembangkan evaluasi pembelajaran berbentuk uraian adalah....
a)tekhnik penilaian
b)instrumen penilaian
c)skor penilaian
d)rubrik penilaian
4.Kompetensi Inti secara berurutan mencakup ....
a)sikap spiritual, sikap sosial, keterampilan dan pengetahuan
b)sikap sosial, sikap spiritual, pengetahuan, dan keterampilan
c)sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan
d)sikap spiritual, sikap sosial, sikap profesional, dan keterampilan
5.Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada….
a)Strategi pembelajaran
b)Pendekatan pembelajaran
c)Kemampuan belajar
d)Metode pembelajaran
e)Gaya pembelajaran
6.Standar isi yang berisi kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran kurikulum 2013 jenjang pendidikan dasar dan menengah terdapat pada....
a)permendikbud nomor 23 tahun 2016
b)permendikbud nomor 24 tahun 2016
c)permendikbud nomor 25 tahun 2016
d)permendikbud nomor 22 tahun 2016
7.penilaian yang dilakukan guru pada periode 8-9 minggu dari pembelajarannya adalah..
a)Penilaian harian
b)Penilian akhir semester
c)Penilian multiple choice
d)Penilaian tengah semester
8.Pemanfaatan fasilitas internet dalam pembelajaran yang digunakan untuk berkorespondensi antara seseorang dengan lainnya di mana pun dan kapan pun meraka berada. Dengan fasilitas ini mereka dapat saling mengirim dan menerima surat, gambar, suara, dan video. Fasilitas ini dapat pula mengirim lampiran berupa file yang berisi teks atau gambar. Selain itu, dengan fasilitas ini, pengguna dapat pula mengarsipkan surat-surat yang diangap penting dengan menyimpannya pada folder yang disediakan untuk itu disebut dengan….
a)Chatting
b)Email
c)Website
d)Teleconverence
9.Keterampilan abad 21 yang harus dikembangkan dalam RPP dan diimplementasikan pada proses pembelajaran adalah......
a)critical thinking, creativity, collaction, and collaboration
b)critical thinking, creativity, communication, and collaboration
c)critical thingking, cultural, HOT, and Inovation
d)HOT, Inovation, communication, and flexibility
10.Penilaian proses secara berkesinambungan oleh guru dapat dilakukan dengan cara…..
a)mengadakan ulangan harian tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada siswa
b)mengadakan ulangan tengah semester dan akhir semester
c)mengadakan ulangan harian rutin secara terjadwal
d)memberikan pre test maupun pos test secara tertulis setiap kali proses pembelajaran
11.. Untuk memperoleh penilaian hasil belajar yang baik meliputi aspek…..
a)kepribadian, kognitif, afektif
b)kognitif, kepribadian, psikomotor
c)afektif, kognitif, mental
d)kognitif, psikomotor, afektif
12.Acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran, disebut......
a)program tahunan
b)program semester
c)RPP
d)silabus
13.proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Adalah definisi dari.....
a)pengukuran
b)pensekoran
c)penilaian
d)evaluasi
14.RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Hal tsb dinyatakan dalam …...
a)Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016
b)Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016
c)Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016
d)Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016
15.Standar ketuntasan minimal belajar (SKMB) ditentukan oleh faktor-gaktor di bawah ini …...
a)Intake Siswa
b)Intake siswa, Tingkat Kesulitan Dan Sarana Pendukung
c)Bakat dan Minat siswa
d)Sarana pendukung
16.Perhatikan beberapa komponen berikut ini!
1. Kompetensi inti
2. Kompetensi Dasar
3. Indikator
4. Kelelnder pendidikan
5. Silabus
6. Buku Guru
komponen yang harus dipersiapkan ketika menyusun program tahunan dan program semester terdapat pada nomor......
a)1, 2, dan 3
b)2, 4, dan 6
c)1, 3, dan 5
d)4, 5, dan 6
17.Kemampuan guru dalam menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam merupakan ......
a)Kompotensi Sosial
b)Kompetensi Pedagogik
c)Kompetensi Profesional
d)Kompetensi Kepribadian
18.Cakupan penilian tengah semester adalah...
a)Sebagaian KD pada semester
b)Seluruh KD pada masa periode tersebut
c)Seluruh KD pada semester tersebut
d)sebagian KD pada kelas tertentu
19.Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara…...
a)guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran saat pembelajaran berlangsung
b)guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar
c)guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
d)guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
20.Berikut merupakan pengertian dari Supervisi akademik...
a)Batuan yang diberikan kepada guru agar mengajar lebih bersemangat
b)Kegiatan bantuan terhadap guru di dalam kelas
c)Serangkaian kegiatan dalam mengawasi kinerja guru
d)merupakan serangkaian kegiatan membantu guru dalam mengelola proses pembelajaran
21.Prinsip “the right man on the right place” yang digunakan dalam menetapkan seseorang untuk menempati suatu jabatan dalam organisasi merupakan pelaksanaan dari fungsi ..
a)Controlling
b)Planning
c)Actuating
d)Organizing
22.Dengan dana terbatas anda diminta oleh atasan untuk mengadakan kegiatan di kantor. Beberapa pendahulu anda tidak terlalu sukses melaksanakan kegiatan tersebut, karena adanya right budget policy . Reaksi anda ketika menerima tugas tersebut...
a)Menolak tugas dengan mengemukakan kekurangan – kekurangan diri, dan meminta atasan untuk menugaskan kepada orang lain.
b)Menolak tugas tersebut karena dirasa mustahil untuk dilaksanakan
c)Menerima tugas tersebut dengan berbagai syarat yang harus dipenuhi.
d)Menerima tugas tersebut kemudian mengajak rekan- rekan kerja untuk mendiskusikan berbagai alternatif cara menyelesaikan tugas tersebut.
23.Apakah Anda bersikeras agar orang lain melakukan pembagian tugas secara adil...
a)Jelas, karena keadilan adalah utama dan mutlak
b)Tidak masalah walaupun tidak adil, proporsinya cukup dan dapat berjalan dengan baikc)Tergantung hal tersebut dapat ditoleransi atau tidak?
d)Tidak masalah jika kedua pihak puas walaupun bukan dalam posisi adil
24.Dapat menjalani hubungan baik antar anggota organisasi, struktur anggota dapat mengetahui tugas, kewajiban dan tanggung jawabnya, spesialisasi dalam melakukan tugas. Merupakan manfaat ....
a)Coordinating
b)Organizing
c)Actuating
d)Planning
25.Menentukan sumber dana yang diperlukan, mengalokasikan sumber keuangan yang ada pada segala aktivitas perusahaan atau penyusunan anggaran pengeluaran, dan melakukan pengawasan terhadap penggunaan dan pemanfaatan keuangan, merupakan langkah yang ditempuh oleh manajemen ..
a)Personalia
b)Keuangan
c)Pemasaran
d)Produksi
26.Istilah manajemen berasal dari “manage” yang berasal dari bahasa ... yaitu ...
a)Italia, Maneggiare
b)Latin, Maneggio
c)Italia, Maneggio
27.Bagaimana Anda merespon target pencapaian rekan kerja Anda...
a)Saya mudah melakukan apreseasi positit terhadap rekan kerja
b)Saya akan memberikan apreseasi positif kepada rekan kerja yang memang progressnyaluar biasa
c)Saya akan memberikan apreseasi kepada rekan kerja
d)Saya akan memberikan apreseasi sekedarnya , jika baik aya katakan baik dan jika tidak saya katakan tidak
28.Seberapa seringkah Anda berusaha dengan aktif untuk mecegah gangguan( tamu, rapat, telepon) yang biasanya selalu mengacaukan hari kerja Anda...
a)Tergantung situasi apakah dipenuhi atau tidak
b)Saya tidak merasa terganggu dengan itu
c)Saya selalu menolak dan menjauhi hal tersebut agar pekerjaan selesai dengan baik
d)Saya selalu menyortir seberapa penting hal tersebut terlebih dahulu
29.Vendor atau pihak ketiga melaporkan bahwa proyek yang sedang dikerjakan tidak mencapai target tepat waktu. Tindakan yang saya lakukan adalah..
a)Meminta bukti yang lengkap untuk didiskusikan dan mencarikan solusi
b)Meminta bukti untuk dilaporkan kepada atasan
c)Meminta vendor untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu
d)Meminta bukti yang lengkap untuk dilaporkan kepada atasan bahwa vendor kurang baik
30.Saya mampu menuntaskan tugas sebelum batas waktu yang ditetapkan. Saya memiliki waktu senggang pada jam kerja. Biasanya waktu tersebut digunakan untuk...
a)Bersosialisasi dengan rekan- rekan sekantor
b)Membaca buku- buku yang dapat mendukung pekerjaan saya
c)Menawarkan bantuan kepada rekan kerja
d)Meneliti kembali hasil pekerjaan saya
Kunci Jawaban Soal PPPK Guru Honorer
1. d
2. d
3. d
4. c
5. a
6. b
7. d
8. b
9. b
10. d
11. d
12. d
13. c
14. c
15. b
16. b
17. c
18. b
19. c
20. d
21. d
22. d
23. a
24. b
25. b
26. c
27. a
28. d
29. d
30. b