Ini Bocoran Soal HOTS PAT / UKK Mapel IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas 11 SMA/ MA Semester 2 K13 Revisi Terbaru Pembahasan

Bocoran Soal HOTS PAT Mapel IPS Kls XI Smt 2  - Hhallowhaa semua, Selamat siang pagi sore maupun petang bagi pembaca semuanya, apa kabarnya? Semoga masih semangat dalam melakukan aktifitas sehari-hari tanpa ada halangan sedikitpun, dan bila ada rintangan makan dapat segera teratasi dengan baik, pada kesempatan ini kami akan memberikan info menarik untuk anda yang sedang membaca tulisan kita ini, yaitu Bocoran Soal HOTS PAT / UKK Mapel IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas 11 SMA/ MA Semester 2 K13 Revisi Terbaru Pembahasan yang mana banyak sekali yang membutuhkan tentunya untuk berbagai keperluan

Bocoran Soal HOTS PAT / UKK Mapel IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas XI SMA/ MA Semester 2 K13 Revisi Terbaru Pembahasan yang kita berikan ini kita ambilkan dari beberapa sumber terpercaya yang tidak dapat kita sebutkan satu-persatu disini, karena saking banyaknya, dan jangan ragu anda untuk menggunakannya, baik untuk latihan ujian atau ulangan siswa/ murid di sekolahan, atau bisa juga dijadikan sebagai bahan belajar soal online, ( Bimbel /les private online ), karena sudah sesuai dengan materi buku pelajaran siswa dan juga buku guru ( buku yang dipegang guru/tenaga pengajar ), juga versi terbaru sudah HOTS tentunya dan anda semua bebas download atau mengunduhnya




Bocoran Soal HOTS PAT IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas 11 SMA/ MA Semester 2 K13 Revisi Terbaru Pembahasan

Ketika MID atau Pertengahan maupun dipenghujung smstr 1 maupun smstr 2 Berdasarkan Kalender Pendidikan Terbaru maka para tenaga pengajar atau pendidik guru sibuk dengan pekerjaan administrasinya, yaitu membuat kartu soal, kisi-kisi soal dan juga naskah soal, baik berupa pilihan ganda, isian atau jawaban singkat, essay maupun uraian, yang bertujuan untuk uji kompetensi anak didiknya ( murid / siswa siswinya ) sejauh mana telah menguasai materi yang pernah diajar dan dipelajarinya, dan yang nantinya sebagai bahan evaluasi penilaian, juga disibukkan membuat soal ulangan harian untuk murid-muridnya

Ketika Kurikulum 2013 sering disingakat dengan K 13 ( kurtilas ) merupakan salah satu kurikulum nasional (kurnas) yang dikembangkan setelah KTSP ( kurikulum 2006 ) dan sampai saat tulisan kami buat setiap sekolahan formal yang berada pada naungan kemendiknas (kementrian pendidikan nasional) maupun kemenag ( kementrian Agama / depag ) baik dalam jenjang SD ( sekolah Dasar ) atau MI ( madrasah Ibtidaiyah, SMP ( Sekolah menengah pertama ), MTs ( Madrasah Tsanawiyah ), SMA ( sekolah menengah Atas ) MA ( Madrasah Aliyah ) mauapun SMK ( sekolah Menengah Kejuruan ) semuanya harus menggunakan kurikulum 13

Mata Pelajaran yang ada dalam kurikulum 2013 ini berbeda dengan KTSP, seperti IPA. IPS, PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, telah berubah menjadi tematik, untuk jenjang SD dan untuk jenjang SMP dan SMA hanya sedikit yang berubahnya, sedangkan untuk pelajaran seperti PAI dan PJOK masih sama ( perubahnnya sedikit ) dan untuk sekolah madrasah mapel Fikih, Quran Hadis, Bahasa Arab, maupun Akidah Akhlak masih tetap namnya Cuma buku dan materinya yang berubah, dan untuk muatan lokal seperti bahasa Jawa, Bahasa Sunda maupun yang lainnya masih tetap sama saja, Cuma buku materi yang berubah, soal lengkap kunjungi Soal Rahasia

Soal HOTS UKK Mapel IPS Kelas XI SMA/ MA Semester 2 K13 Revisi Terbaru Pembahasan

Istilah Soal PTS adalah singkatan dari Penilaian Tengah Semester, yang diadakan setiap mid semester 1 ( gasal / ganjil ) dan juga pada pertengahan semester 2 ( genap ) yang berada pada kurikulum 2013 atau ada yang menyebutnya Kurtilas / K13, yang merupakan rengkarnasi dari UTS ( ualangan tengah semester atau MID semester ) ketika KTSP ( Kurikulum tingkat satuan Pendidikan 2006 ), sedangkan PAS adalah kepanjangan dari Penilaian Akhir Semester, merupakan penilaian dan ulangan yang dilakukan oleh guru di akhir semester 1 maupun semester 2, yang merupakan sebutan lain dari UAS ( Ualangan Akhir Semester ketika kurikulum 2006 ), Soal soal yang kita siapkan akan disesuaikan dengan KI ( Kompetensi Inti ) KD ( Kompetensi Dasar ) Per Indikator Soal, lalu kisi kisi soal dan Buku materi siswa baik tematik maupun per sub tema untuk mata pelajaran SD dan tentunya beda lagi untuk SMP dan SMA, dan soal yang biasanya ada di internet tidak berupa PDF atau Doc word drive, biasanya langsung atau juga disajikan sediakan link download, dan Ingat seorang guru tidak diperbolehkan menyuruh siswanya untuk membeli buku LKS ( Lembar Kerja Siswa ) didalam atau luar sekolahan, karena soal yang ada dalam LKS bisa jadi berbeda materi dengan yang diajarkannya

Seperti yang sudah kami singgung, bahwa soal HOTS merupakan singkatan dari Higher Order Thinking Skill, yang mana soal ini berbentuk soal tingkat tinggi yang mengharuskan murid atau siswa berfikir kritis dan menggunakan imajinasi penalaran untuk menjawab soal-soal yang dilontarkan, jawabannnyapun tidak hanya 1 saja yang benar, melainkan multijawaban, ciri-ciri bentuk soalnyapun cenderung menggunakan kata-kata penalaran, yang biasanya menggunakan taksonomi bloom untuk merangkai kata dalam soal tersebut, berbeda dengan soal LOTS dan MOTS yang lebih mudah tanpa berfikir kritis penalaran sudah dapat menjawabnya, barangkali model soal tersebut dulu terkenal dengan istilah C1, C2, C3, C4, C5, dan C6,.

1.Tarik ulur peran penanganan antara korupsi antara KPK dan kepolisian semakin lama tidak bisa dihindari. Konflik tersebut menyebabkan Prsiden RI terlibat untuk mengatur kewenangan masing-masing lembaga. Langkah tepat yang diambil presiden untuk mengatasi konflik tersebut adalah....

a)Ajudikasi

b)Mediasi

c)Arbitrase

d)Koersi

e)Konsiliasi

 

2.Pak Jono terlibat konflik dengan pak Deni tentang batas tanah perkebunan milik mereka. karena keduanya tidak mendapatkan kesempatan, mereka berdua membawa kasus tersebut ke badan pertahanan nasional sebagai pihak ketiga. Bentuk akomodasi untuk menyelesaikan kasus tersebut adalah...

a)stalemate

b)konsiliasi

c)mediasi

d)arbitrase

e)toleransi

 

3.Ketua RW mempertemukan dua warganya yang sedang bertengkar. Upaya yang dilakukan agar keduanya membuat kesepakatan bersama. Bentuk penyelesaian konflik di atas adalah....

a)kompromi

b)ajudikasi

c)arbitrase

d)konsiliasi

e)mediasi

 

4.Perhatikan beberapa pernyataan berikut!1) Demostrasi yang dilakukan secara besar-besaran oleh karyawan PT Tunas Unnggul2) Konflik Indonesia dan Cina karena batas wilayah3) Kerusuhan terjadi anatra pekerja dengan manajemen4) Tauran antara SMA A dan SMK B di CianjuBerdasarkan pernyataan tersebut, yang termasuk konflik horizontal ditunjukan oleh no.....

a)1 dan 2

b)1 dan 3

c)2 dan 3

d)2 dan 4

e)3 dan 4

 

5.Cinta dan Dina merupakan siswa SMA yang menjalin persahabatan sejak kecil. Karena situasi dan kondisi tertentu, keduanya terlibat dalam konflik yang membuat mereka saling bermusuhan. Dampak negatif konflik dari deskripsi tersebut adalah....

a)Hubungan dalam kelompok terputus

b)Berubah kepribadian individu

c)dominasi satu kelompok atas lainnya

d)banyak keinginan pribadie)komunikasi yang lambat

 

6.berbagai cara dan upaya damai secara kekeluargaan sudah dilakukan untuk penyelesaian konflik sebuah rumah tangga, namun hasil nihil. Akhirnya konflik tersebut diselesaikan melalui pengadilan agama dengan proses panjang. Bentuk akomodasi dalam kasus tersebut...

a)Ajudikasi

b)Arbitrase

c)mediasi

d)kompromi

e)konsolidasi

 

7.Puluhan warga Desa berunjuk rasa di depan gerbang kompleks Pemkab menuntut proses pemilihan ulang kepada desa di wilayahnya yang kurang demokratis. Munculnya kelompok pro dan kontra atau konflik pada masyarakat tersebut disebabkan oleh faktor....

a)proses perubahan yang terlalu cepat

b)perbedaan kepentingan

c)tuntutan persaing yang tinggi

d)perbedaan mata pencaharian masyarakat

e)perkembangan kebudayaan kelompok

 

8.Ketika negara belum bisa mewujudkan kesejahteraan rakyatnya secara merata, maka kesenjangan ekonomi masih terjadi antara kelompok miskin dan kaya. hal ini berpotensi menimbulkan konflik di masyarakat yang disebabkan oleh.....

a)perbudayaan kebudayaan

b)perubahan kebudayaan

c)adanya ketidakadilan

d)adanya kesalahpahaman

e)masuknya budaya asing

 

9.Pasangan suami istri yang telah bercerai meminta bantuan seorang ulama untuk menengahi penyelesaian masalah yang berkaitan dengan hak pengasuhnya anak secara damai. Upaya tersebut merupakan akomodasi dalam bentuk...

a)konsiliasi

b)toleransi

c)mediasi

d)eliminasi

e)segresi

 

10.Era reformasi sejak tahun 1998 mengubah sistem politik menjadi semakin terbuka diwarnai dengan gejala berbagai konflik, seperti kasus kejahatan pemilu, sengkata Pilkada, dan konflik antarparpol yang harus diselesaikan melalui jalur hukum. Bentuk akmodasi penyelesaian konflik yang tepat adalah.....

a)konsiliasi

b)ajudikasi

c)mediasi

d)koersi

e)kompromi

 

11.Konflik antara suami istri sering berlangsung terbuka di hadapan anak-anak, mereka tidak bercerai meskipun tidak serumah. Dampak negatif konflik tersebut bagi ketegangan batin anak-anak mengakibatkan....

a)pekerjaan dalam keluarga terbengkalai

b)kerukunan dengan tetangga terganggu

c)silahturahmi dengan keluarga besar tidak ada lagi

d)kehidupan ekonomi keluarga lancar

e)anak-anak resah sehingga kepribadian anak berubah

 

12.Penyelesaian konflik antar pemerintah dan gerakan Aceh Merdeka (GAM) merupakan bentuk upaya.....

a)budaya nasioal

b)ekonomi nasional

c)anggaran nasional

d)kepemimpinan nasional

e)integrasi nasional

 

13.Aksi warga menolak penggusuran lahan untuk proyek pemrintah berujung rusuh. Peristiwa tersebut termasuk ke dalam politik....

a)horizontal

b)vertikal

c)diagonal

d)rasial

e)politik

 

14.Pembangunan fasilitas fisik di wilayah perkotaan sangat pesat dan sering disertai dengan pergusuran rumah penduduk. Sebagian penduduk yang diuntungkan cenderung bersikap setuju terhadap pergusuran, sedangkan kelompok yang dirugikan, menolak pergusuran. Munculnya kelompok pro dan kontra atau konflik pada masyarakat perkotaan tersebut disebabkan oleh...

a)proses perubahan yang sangat cepat

b)perbedaan kualitas individu

c)Tuntutan persaingan yang tinggid)perbedaan mata pencaharia masyarakat

e)perkembangan kebudayaan kelompok

 

15.Konflik keagamaan, kedaerahan, dan rasialis pernah terjadi di Indonesia. Namaun, berkat kegigihan pemerintah dalam menyelsaikan masalah ini dan senantiasa menjadi kedamaian, konflik-konflik tersebut dapat diredam. Upaya pemerintah tersebut berdampak positif untuk memperkuat....

a)budaya nasional

b)ekonomi nasional

c)anggaran nasional

d)kepemimpinan nasioanl

e)integrasi nasional

 

16.Seorang pegawai mendengarkan musik denga voleme cukup keras ketika sedang bekerja, tanpa memperdulikan teman atau orang-orang disekitarnya yang juga sedang bekerja dan tidak menyukai sura musik yang keras. Akibatnya, antara ia dan teman-temannya sering terjadi konflik. Konflik tersebut disebabkan adanya perbedaan...

a)Kepentingan

b)Kebudayaan

c)Kelompok

d)Kelas

e)Rasial

 

17.Tuntutan upah minimum provinsi yang tinggi membuat pemilik pabrik melakukan mobilitas sosial dengan cara memindahkan lokasi pabrik ke wilayah perdesaan. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan tenaga kerja dengan upah yang lebih murah. Namun, hal ini menyebabkan PHK bagi buruh yang tidak mau ikut pindah ke lokasi baru. Konsekuensi mobiltas tersebut bisa menimbulkan konflik antar..

a)pribadi

b)kelas

c)generasi

d)personal

e)kelompok

 

18.Munculnya elit politik baru yang berkuasa di masa reformasi sekarang ini sering kali menimbulkan kecemburuan sosial dalam masyarakat dan ketegangan antara elit partai politik. Hal ini berpotensi menimbulkan masalah berupa....

a)A. Konflik Horizontal

b)B. Kerja sama partai

c)C. Akomodasi politik

d)D. Perbahan Jabatan

e)E. Pergantin kewenangan

 

19.Banyak kasus konflik kedaerahan yang dapat diselesaikan oleh pemerintah melalui perundingan. Hal tersebut berdampak positif untuk masyarakat.....

a)ekonomi nasional

b)anggaran nasional

c)kepemimpinan nasional

d)integrasi nasional

e)budaya nasional

 

20.Terjadi konflik antara buruh dengan pengusaha. Hal tersebut terjadi karena buruh berusaha untuk menuntut kenaikan upah. Konflik tersebut tergolong kepada konflik...

a)antar golongan

b)antaragama

c)antaroganisasi

d)vertikal

e)horizontal

 

KUNCI JAWABAN

 

1. b

2. d

3. e

4. d

5. a

6. a

7. c

8. c

9. c

10. b

11. e

12. e

13. b

14. b

15. e

16. a

17. b

18. a

19. d

20. d


Demikianlah, ulasan tentang kumpulan contoh Bocoran Soal HOTS PAT / UKK Mapel IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) Kelas Sebelas XI SMA/ MA Semester 2 K13 Revisi Terbaru Pembahasan yaang dapat kita sajiakan untuk anda semuanya, bukan maksud ingin membocorkan ( bocoran ) soal, hanya ingin sekedar memberi info dan bila ada visit link yang kurang bekerja, maka berarti belum kita temukan kumpulan soal-soal, mungkin ada soal yang akan kita berikan kunci jawaban dan pembahasan dan juga tidak disertai kunci jawaban dan pembahasannya, dan bila ada link yang eror maka segera beritahukan kepada kami boleh melalui kolom komentar maupun melalui email, dan bila ada waktu lagi akan segera kita perbaiki, dan akhhir kata bila yang anda rasakan artilek atau tulisan kita ini bermanfaat maka sekiranya bagikan kepada teman, sahabat, atau rekan guru di sekolahan agar info ini bisa menjangkau mereka semua, terimakasih sudah berkunjung mohon maaf bila ada suatu kesalahan dari kami sebagai manusia biasa ini yang tak luput dari kesalahan.

VISIT LINK:

SOAL TERPOPULER

{NEW} Contoh Soal Tes Psikotes PT AHM Terbaru 2022

Contoh Soal Tes Psikotes PT AHM Terbaru 2022 - Hay semuanya, kali ini kita akan memberikan informasi mengenai contoh soal seleksi tes Psiko...